Vytha's blog

it's all about anime and latest korean

Wawancara dengan Big Bang


Dunia dibagi menjadi masa sebelum dan sesudah ‘Big Bang’. Tentu saja, ini bicara tentang astrofisika. Hanya setelah ‘Big Bang’ saat itu, terciptalah ruang dan waktu. Kini sepertinya grup Big Bang menjadi semakin pas dengan namanya lebih dari kapanpun — bukan karena lagu dari mini-album keempat mereka yang rilis setelah 2 tahun 3 bulan merajai banyak chart musik atau karena SBS dan MNET secara terpisah menyelenggarakan program comeback untuk mereka.

Tanggal 4 lalu, BIGBANG mengatakan dalam interview bahwa mereka tidak akan memikirkan seberapa tinggi peringkat mereka di chart atau mempromosikan album mereka, tetapi bicara soal bagaimana mereka ingin membuat budaya baru untuk grup idola dan harapan mereka untuk pasar musik. Berikut adalah cuplikan interviewnya.

Q: Kami sangat senang menonton “Secret Big Bang.” [Parodi BIGBANG untuk “Secret Garden”] (tertawa) Kau juga menampilkannya di “BIG SHOW”. Apakah kau berencana menayangkannya di SBS?

G-Dragon (GD): Ya.

Q: Jadi kau pasti merasakan tekanan besar mulai dari awal.

T.O.P: Ya. Kami sudah tertekan memikirkan kami akan comeback untuk pertama kalinya setelah 2 tahun 3 bulan tapi ada begutu banyak orang yang menyukai drama aslinya, jadi kami mencoba semakin keras untuk membuatnya menyenangkan.

GD: Kami sebenarnya bisa membuat lebih menyenangkan jika hanya akan ditampilkan di konser kami, tapi karena untuk tampil di TV nasional kami harus membuatnya sesuai standar pertelevisian.

Q: Kau bilang kau tertekan… Kupikir kau seharusnya merasakan hal yang sama mengingat SBS dan Mnet membuat program khusus untuk comeback kalian.

T.O.P: Yang membuat kami paling khawatir soal itu adalah kami takut penonton salah paham jika kami menerima seperti perlakuan khusus. Jadi kami berusaha keras untuk menunjukkan pada orang-orang untuk menunjukkan yang terbaik dan menarik perhatian di setiap penampilan kami.

Q: Bagaimana rasanya tampil seperti itu setelah sekian lama? Tidakkah kalian mendapatkan kekuatan individualitas lebih setelah 2 tahun belakangan ini?

Seungri: Ada banyak orang yang mengatakan itu pada kami menjelang comeback… Apa yang kau lakukan jika orang melihat dirimu sebagai individual daripada sebagai grup BIGBANG karena masing-masing telah membangun dasar di industri setelah mengehar banyak aktivitas solo atau jika bagian Jiyong akan terdengar seperti dirinya di album solonya. Tapi kami pergi ke panggung untuk comeback dan melihat bahwa kami bekerja sama dengan baik. Kami bekerja sangat keras seperti kami adalah penyanyi baru lagi, untuk menunjukkan itu.

T.O.P: Kami selalu bekerja keras. (tertawa)

Seungri: Ya tapi dua kali lebih keras. Leader kami ingin latihan terus menerus — hingga pada poin ia mengatakan siapapun yang lambat harus membayar denda. (hahahaha..)

T.O.P: Itu sebenarnya yang paling kami khawatirkan tapi kupikir publik sekarang menginginkan energi unik yang kami berikan sebagai individu. Kami juga memiliki kebanggaan bahwa kami bukanlah siapa-siapa jika kami bukan member BIGBANG dan mencoba menunjukkan sebanyak mungkin sisi lain dari diri kami hingga pada sebuah titik itu tidaklah berlebihan.

Q: Jadi begitukah kau memulai album baru? Dengan jalan pikiran kau harus bekerja sama dengan baik dengan sikap yang seragam?

GD: Kami mencoba tidak begitu karena kami tidak ingin albumnya menjadi terlalu seperti itu. Kami bekerja di album ini selama dua setengah tahun dan “TONIGHT” muncul satu setengah tahun lalu. Seperti yang dikatakan Seungri, album kami terdengar seperti kolaborasi 5 orang seniman tapi sebenarnya tidak terlalu seperti itu. Kupikir Big Bang adalah tentang seberapa baik kami bekerja bersama, tidak peduli betapa berbedanya kami dan sepertinya tidak mungkin digabungkan. Kupikir lagunya melakukan pekerjaan baik menunjukkan bagaimana kami membangun harmoni. Dan aku lebih merasa senang memproduksi lagu daripada menghadapi kesulitan.
Q: Kupikir sangat menyenangkan menyusun lagu “WHAT IS RIGHT” Karena sepertinya ada perubahan halus pada jatuhnya lagu di tiap baris ketika terjadi perubahan vokal.

GD: Setiap orang memberikan getaran berbeda dengan suara mereka, kan? Suara Taeyang itu R&B tapi juga tipis dan lembut sementara Daesung memiliki suara Korea yang tebal? Dan Seungri terdengar sedih sementara T.O.P memiliki suara yang serak dan maskulin. Suaraku sangat tipis seperti saat aku bicara. Jadi aku sangat senang saat membuat karena kami semua sangat berbeda. Menyenangkan menggabungkan suara kami dan keseimbangan semuanya di lagu dnegan cara berbeda jadi tidak akan pernah membosankan. Tiap lagu mungkin hanya sepanjang tiga menit tapi kupikir itulah sebabnya terasa waktu begitu cepat berlalu.

Q: Album kalian terlambat apakah karena kalian mencoba banyak variasi?

T.O.P: Ini berhubungan karena kami berada di Jepang dan mengejar banyak aktivitas secara individu. Kami bahkan tidak tahu bahwa 2 tahun 3 bulan sudah berlalu. Dan masing-masing kami juga tidak cukup beristirahat. Oleh karena itu kami merasakan tekanan besar untuk comeback karena harus memenuhi harapan orang-orang dan kami berhati-hati karena kami berpikir lebih sulit tentang bagaimana kami seharusnya menunjukkan pada orang-orang musik yang lebih baik.

GD: Ini mungkin sesuatu yang sering dikatakan fans sebagai bagian dari fandom tapi kami tidak berada didepan publik selama 2 tahun 3 bulan jadi ada banyak pembicaraan mengenai kami termasuk fakta adanya perselisihan dalam grup. Tapi kami tidak berada dibawah pemahaman yang sama seperti jika kami adalah publik, karena kami tidak akan keluar sebagai grup walaupun kami mengatakan kami baik-baik saja.

Namun disaat yang sama, kami memiliki waktu yang sulit kapanpun kami mendengar hal demikian karena kami akan lebih menyukai fans utnuk mendukung kami yang mempersiapkan album baru. Haruskah kukatakan sedikit kecewa? Karena kami bekerja keras untuk bertemu fans secepat kami bisa dan membuat album sementara menjalani derita pertumbuhan tapi kami mendengar hal yang sebaliknya. Jadi aku ingin meletakkan segalanya dimana mereka digunakan setelah rilisnya album ini.

Q: Bicara soal fandom, Aku dengar kau bicara di cable music channel Mnet “Big Bang TV Live” bahwa kau tidak ingin menjadi musisi yang terjebak oleh fandom.

T.O.P: Itu karena kami ingin menunjukkan bahwa kami telah bertumbuh. Kami percaya bahwa kami harus menunjukkan individualitas sejauh itu tidak berlebihan daripada melakukan hal-hal yang dilakukan grup lain pada publik.

Taeyang: Kupikir berbahaya membiarkan diri kita tinggal dalam keinginan fans karena fans akan semakin besar dan kita akan menjadi cenderung berpikir harus melakukan itu. Tapi yang kuinginkan adalah sebaliknya, jadi batasan akan membentuk musik yang ingin kulakukan. Itulah mengapa kupikir kami akan mampu menunjukkan kami telah berkembang dengan melakukan apa yang kami mau daripada memikirkan fandom terlalu banyak.

T.O.P: Ini bukan seperti kami memiliki tujuan yang besar atau kami ingin menjadi yang utama untuk sesuatu tapi kami ada di lingkungan dimana kami dapat dengan mudah terjebak didalam struktur menjadi idola di Korea. Itu sebabnya aku berharap kami akan menjadi grup yang mampu menunjukkan banyak hal tanpa terjebak didalamnya, melakukan musik yang diinginkan orang bahkan jika kami adalah idola dan menyelesaikan ketidakpuasan dan memberikan kepuasan pengganti dengan mendengarkan kami.

Q: Kupikir pengganti kepuasan dan resolusi seharusnya berkaitan dengan sikap grup kalian, tidak hanya musik.

T.O.P: Kupikir kami adalah tentang kebebasan, bukan kebebasan palsu dimana kami bertahan menjadi bebas diluar. Kami sangat stress didalam ketka kami terjebak dalam sesuatu.

GD: Dan kupikir itu menjelaskan grup kami. Itu telah menjadi tentang seperti apa Big Bang dengan penampilan dan musik yang seperti apa. Kami mungkin menjadi grup yang sama dengan grup lain, terjebak dalam fandom atau banyak hal. Tapi kami ingin melakukan hal-hal berbeda, kami percaya jika kami berpikir benar dan pendapatku keluar duluan, jadi kami membuat banyak upaya dengan musik. Kupikir itu berhasil dengan fans kami dan juga mereka memberi pendapat baik tentang kami.

-to be continue-

Source: 10Asia / Asiae.co.kr
taken from BBUpdates
indo trans by Marsha @VIPindonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: